Rabu, 27 April 2011

PENGEMBANGAN JIWA WIRA USAHA

PENGEMBANGAN JIWA WIRA USAHA
MELALUI PERGURUAN TINGGI
(Dimuat dalam Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol.6 No. 2 November 2010 Kopertis Wilayah VI jawa Tengah)

Oleh
Ali Imron Al-Ma’ruf

ABSTRACT

University has a strategic position, prestige, and prospectively in producing superior human resources officer who has the soul of business. The challenge faced by university among others, that becomes less attractive to business travelers wira majority of Indonesian graduates of university because people generally have not recognized it as "work" a prestigious, not the "aristocracy". University not only demands quality always associated with the demands of the labor market so that the university is controlled by economic mainstrem to serve as a "factory labor." University as an agent of change in an effort to enhance their human dignity can be a more active role in developing entrepreneurial spirit and potential students. The existence of university in the economic empowerment of communities and development of students' entrepreneurial spirit can occur if the university has the commitment and participation in economic activities. To anticipate the dynamics of a competitive global economic and social change, university needs to promote the activities of the dimension of entrepreneurship. Some effort can be undertaken by university with the government namely: (1) universities through intrakurikuler and extracurricular activities, (2) The development of government policy through the Program Life Entrepreneurship ¬ gan, (3) Entrepreneurship programs through the College of Business Working (KKU) and Student Creativity Program (CRP) field of entrepreneurship by providing subsidy funds as working capital, (4) creating a synergistic network with the departments / other agencies and the business world.

Keywords: universities, industry, development of entrepreneurship.

1. Pendahuluan
Sebagai pusat pengembangan sains, teknologi, dan kebudayaan, perguruan tinggi (PT) memiliki kedudukan yang prestisius dalam kehidupan masyarakat. Hal itu tentu tidak terlepas dari eksistensi PT yang merupakan subsistem kehidupan global dan sains universal yang berorientasi pada nilai-nilai intelektual dari kebudayaan mondial. Namun demikian, khususnya PT di Indonesia merupakan subsistem pendidikan nasional yang beorientasi kepada pembangunan nasional. Seiring dengan perkembangan zaman, PT sebagai subsistem pendidikan nasional memiliki berbagai karakter yang berkaitan dengan latar belakang budaya bangsa dan akselerasi pembangunan nasional.
Sejalan dengan realitas tersebut, sejak dulu hingga kini perguruan tinggi menjadi tumpuan harapan bagi kawula muda terpelajar, orang tua, dan masyarakat untuk meraih masa depan gemilang. Hal itu dapat dipahami mengingat fungsi PT yang strategis dalam mempersiapkan generasi muda yang akan menguasai masa depan bangsa. Untuk itulah maka PT melakukan berbagai upaya inkulturasi berupa ilmu, ketrampilan, dan tata nilai universal agar generasi muda dapat melakukan aktualisasi diri sebagai garda depan bangsa.
Salah satu persoalan yang muncul kemudian adalah ketika ekspansi PT berlebihan sedangkan perkembangan ekonomi negara berjalan lamban --terlebih pada sepuluh tahun terakhir ini— dan dunia industri/ usaha tidak sanggup menyerap lulusan PT dengan jumlah yang sebanding. Akibatnya, muncullah persoalan pengangguran atau setengah pengangguran di kalangan lulusan PT yang menjadi keprihatinan kita. Sebab, hal itu dapat menjadi ganjalan bagi stabilitas nasional kita, mengingat para lulusan PT tersebut memiliki potensi yang sangat berbeda dengan tenaga tidak terdidik. Di samping itu, berarti penyelenggaraan PT merupakan pemborosan investasi yang cukup mahal jika tidak ditemukan solusi yang integralistik.
Di pihak lain, menjadi seorang wira usahawan pun pada umumnya kurang menarik bagi lulusan PT --terutama warga masyarakat pedesaan/ suburban—karena orang Indonesia pada umumnya belum mengakuinya sebagai "pekerjaan" yang prestisius. Orang akan bimbang ketika menjawab, bahwa dirinya "hanya" bekerja di sektor wira swasta. Untunglah kitu banyak kawula muda (termasuk para anak pejabat) yang memilih profesi sebagai pengusaha sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestise pekerjaan non-pegawai (PNS/ Swasta) dan pekerjaan sektor informal pada umumnya.
Permasalahannya adalah bagaimana kontribusi PT dalam membuka peluang kerja? Bagaimana eksistensi PT dalam menumbuhkembangkan dunia wira usaha? Itulah beberapa masalah yang akan dikaji dalam tulisan kecil itu.

2. Merunut Akar Historis PT dan Dunia Industri
Dari kacamata sosiologis, persoalan-persoalan yang muncul berkaitan dengan keengganan para mahasiswa untuk menjadi pengusaha (bussines man) itu sebenarnya berawal dari ide dasar pendidikan yang mengandaikan seseorang untuk mem¬peroleh status sosial dan penghasilan yang lebih besar di sektor ekonomi karena pendidikan tinggi yang diperolehnya. Hal itu tidak terlepas dari eksistensi PT yang merupakan kunci mobilitas vertikal dan jaminan status bagi kelompok-kelompok sosial di masyarakat. Itu sebabnya kemudian bermunculan perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di kota-kota besar dan daerah berdasarkan ciri-ciri kelompok masyarakat kita yang beragam. Jadi, masalahnya yang semula ideologis yakni demokratisasi¬ ekonomi, berubah menjadi sosiologis yakni pemenuhan keinginan masyarakat. Pada tahapan berikutnya, PT diintervensi oleh kekuasaan yang bersifat ekonomis dan menimbulkan persoalan-persoalan yang lebih luas baik ekonomi, sosial, politis maupun budaya.
Sebenarnya secara historis, PT di Indonesia yang dikenal sekarang itu tidak memiliki akar kultural di Indonesia. PT, meminjam istilah Umar Kayam (1989) merupakan lembaga produk asing (Barat), dengan seperangkat informasi, sains, dan nilai asing pula. Pada mulanya PT berpusat di biara-biara dan inti ilmunya adalah agama dan filsafat dengan biarawan sebagai pengajar dan calon rohaniwan sebagai mahasiswanya. Lambat laun PT terbuka untuk umum dan beralih menjadi Studium generale yang berkembang mengikuti dua model. Pola pertama yang berkembang di Italia merupakan PT Studiosorum, yakni intinya mahasiswa berkumpul dan mencari sesuatu yang diperlukan. Adapun pola kedua berkembang di Perancis dengan pola unit PT Magistrorum, yakni guru berkumpul memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar. Pola kedua itulah yang kemudian menyebar ke seluruh dunia hingga saat itu.
Sejak awal berdirinya, PT sudah dihadapkan pada dua kutub yang saling bertentangan. Pertama, Anglo System, karena pengaruh kaum industriawan Inggris dan Amerika, dan telah merumuskan kurikulumnya hingga selaras dengan kebutuhan masyarakat yakni kebutuhan industri (baca: kitu lapangan kerja). Kedua, Continental System yang lebih menekankan pada masalah-masalah penelitian dan pemahaman ilmu, tanpa mempedulikan perkembangan masyarakat industri (Zahir, 1978). Di Indonesia agaknya sistem pertama itulah yang banyak dianut, meskipun sistem kedua juga dipakai.
Lalu, seberapa jauh PT dapat dimanfaatkan untuk kepentingan ma¬syarakat sesuai dengan kondisi dan materi yang dimilikinya? Adalah realitas bahwa PT melihat dirinya perlu berinteraksi dengan lingkungannya merupakan filsafat yang relatif baru. Sebe¬lumnya PT berpegang kepada filsafat ivory tower yang berkutat pada pemikiran-pemikiran abstrak sebagai bagian dari pendidikan tinggi. Dalam filsafatnya yang baru PT berupaya untuk menjadi motor pembangunan, agent of change dalam upaya meningkatkan harkat kemanusiaannya. Hal itu sesuai dengan perumusan tugas PT yang dikemukakan oleh World Association of Universities, bahwa tanggung jawab PT adalah "membentuk kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah manusiawi dan menolong manusia untuk membentuk kehidupan dunia yang lebih baik".
Dengan lebih operasional, Daniel Bell menyebut fungsi PT antara lain: (1) pemeliharaan tradisi kebudayaan (Barat); (2) pencarian (penelitian) kebenaran melalui penemuan dan scholarship; (3) melatih sebanyak mungkin kaum profesional di bidang-bidang tertentu; dan (4) penerapan pengetahuan untuk kepentingan masyarakat. Demikianlah perubahan orientasi sekaligus fungsi PT sesung¬guhnya telah meninggalkan pola berpikir yang intelektualistis dominasi positivisme dari semangat aufklarung dan evolusi pendidikan kemudian berbelok menjadi chield oriented dan community oriented (lihat Sumianto dkk., 1989).
Adapun PT di Indonesia yang dikenal sekarang merupakan transplatated institution, lembaga cangkokan kebudayaan Barat yang dibawa ke Indonesia oleh Belanda dengan maksud untuk mempersiapkan tenaga kerja bagi kepentingan kolonial. PT yang semula bersifat elitis saja, kitu ciri elitis itu tidak dapat dipertahankan lagi. PT kitu membuka diri seluas-luasnya bagi generasi muda untuk memperoleh pendidikan di dalamnya, karena ide demokratisasi pendidikan yang dianut. Secara eksplisit fungsi PT di Indone¬sia dirumuskan dalam Tri Dharma PT yakni pendidikan, peneli¬tian, dan pengabdian pada masyarakat. Adapun orientasinya tertera dalam GBHN dan Undang-undang No. 20 Tahun 2002 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yakni untuk mendukung pembangunan manusia Indonesia secara komprehensif.

3. Polarisasi Perguruan Tinggi dalam Ideologi Ekonomi
Pada era global yang penuh dengan persaingan ketat, PT dituntut untuk memiliki kualitas yang unggul. Jika pada masa lalu masalah kualitas PT itu sebagai gejala di negara berkembang, maka para ahli menyadari bahwa di negara maju pun kemerosotan kualitas PT tidak dapat dihindari. Penyebabnya begitu kompleks, antara lain resesi ekonomi, relevansi kurikulum PT dengan realitas sosial, keterlibatan PT dengan realitas sosial ekonomi, dunia industri, dominasi birokrasi, gerakan mahasiswa yang tidak murni (dikotori oleh hal-hal di luar idealisme, ditumpangi pihak lain), dan lain-lain.
Adapun masalah yang berkaitan dengan lapangan kerja adalah realitas sosial bahwa PT telah begitu dirasuki oleh pemikiran-pemikiran ekonomi, walaupun secara historis ia adalah lembaga pendidikan. Pikiran pokok dari "industri pendidikan" itu adalah bahwa PT merupakan dasar pertumbuhan ekonomi, karena lembaga itulah yang menghasilkan pengetahuan Know-how untuk kemajuan industri dan tenaga kerja yang siap pakai guna menjalankan roda ekonomi (Vaizey, 1974). Begitu besar pengaruh pandangan itu sehingga negara-negara berkembang begitu percaya kepada keampuhan pendidi¬kan formal itu dengan asumsi "semakin banyak pendidikan, semakin cepat akselerasi pembangunan berlangsung".
Berdasarkan asumsi itu maka tidak mengherankan jika banyak kajian tentang PT berkutat di sekitar dua proses ekonomi yang fondamental, yakni: (1) interaksi antara permintaan yang bermotivasi ekononomi dan penawaran yang berelasi politis dalam menentukan berapa banyak sekolah akan didirikan, dan (2) pentingnya perbedaan antara manfaat sosial dan pribadi serta biaya-biaya dari berbagai tingkat pendidikan (Todaro, 1987).
Dengan perspektif demikian dapat dilihat betapa tuntutan kualitas PT selalu dihubungkan dengan tuntutan pasaran kerja, yang merefleksikan betapa PT dikuasai oleh mainstrem ekonomi untuk berperan sebagai “pabrik tenaga kerja” yang akan dilempar ke pasar kerja. Demikianlah bagaimana perspektif ekonomi mendominasi dunia PT, yang berasumsi bahwa pendidikan merupakan salah satu kunci dari pembangunan ekonomi. Namun, justru dari situlah muncul kritik dari para pakar terhadap pola pikir semacam itu. Kritik itu antara lain menyatakan bahwa pendidikan formal telah berubah dari esensi hakikatnya semula. PT telah berubah menjadi The alienation machine menghasilkan lost people yang tercerabut dari akar kulturalnya. Pendidikan hanya menghasilkan kaum elit yang disoriented yang menghasilkan kemiskinan di kalangan mayoritas (Harrison, 1979).
Dalam upaya mengantisipasi realitas itu, tidak mengherankan jika muncul pemikiran-pemikiran yang menentang industrialisasi yang kemudian berubah menjadi gerakan-gerakan ideologikal yang menentang pendidikan formal karena dianggapnya sebagai satu bagian dari sistem intelektual dan struktur masyarakat yang mengekang dan memperbu¬dak manusia. Timbullah gagasan-gagasan Ivan Illich dengan de schooling sociaty dan Paulo Freire (1987) dengan paedagogy of the oppresed yang sangat populer itu.

4. Meretas Jiwa Wira Usaha melalui Pendidikan Tinggi
Para pakar ekonomi dan intelektual pada umumnya mengakui bahwa PT sangat potensial dan memiliki kompetensi besar dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Peran PT dalam pembangunan tidak saja mendi¬dik generasi muda terpelajar dalam menyiapkan dirinya menjadi manusia pembangunan dan mengkaji serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan seni (ipteks) yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. PT juga harus menjamin bahwa ipteks itu benar-benar sampai kepada masyarakat dan dapat dimanfaatkan sebagaiman mestinya. Ipteks hanya memiliki makna jika dapat diterima dan dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat yang memerlukan untuk meningkatkan kesejahteraannya. Oleh karena itu, PT harus dapat meyakinkan dirinya sendiri, melalui berbagai kegiatan Tri Dharmanya, bahwa ipteks yang dikembangkannya memang relevan, dapat diterima, dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam pembangunan termasuk dunia industri.
Eksistensi PT dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pengembangan jiwa kewirausahaan mahasiswa dapat terjadi jika PT memiliki komitmen dan kemampuan serta diberi peluang untuk berpartisipasi dalam kegiatan perekonomian. Peluang itu tercermin dalam seberapa jauh Tridharma PT telah berperan dalam pemberdayaan ekonomi melalui ipteks yang dimiliki dan dikembangkannya. Peluang itu dapat dilaksanakan melalui kegiatan intra dan ekstrakurikuler.
Dalam konteks pemberdayaan ekonomi, PT diharapkan dapat memainkan peran sebagai produsen tenaga kerja berkualitas, mengingat lulusan PT (Sarjana) potensial untuk duduk pada hierarki kepemimpinan dan manajemen pada masing-masing sektor. Namun demikian, karena struktur perekonomian Indonesia yang khas, maka ada beberapa kecenderungan yang menarik dari pola kesempatan kerja yang diperolehnya. Beberapa kecenderungan itu adalah sebagai berikut.
(1) Berdasarkan data yang ada, pada umumnya kualitas tenaga kerja Indonesia rendah, baik ditinjau dari segi pendidikan maupun keahlian dan ketrampi¬lannya. Dari data sensus penduduk diketahui bahwa mayoritas tenaga kerja di Indonesia berpendidikan menengah ke bawah.
(2) Fakta di lapangan menunjukkan bahwa sangat terasa adanya kesenjangan antara dunia pendidikan dengan dunia kerja walaupun sekolah-sekolah kejuruan telah didir¬ikan, termasuk akademi dan politeknik. Fakta itulah barangkali yang kemudian mendorong Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menggalakkan pembukaan/ pendirian SMK di seluruh wilayah Indonesia dengan semboyannya yang populer: “SMK Bisa!”.
(3) Sementara itu usaha pemerintah memperluas kesempatan belajar dan kesempatan kerja yang serius, justru menimbulkan persoalan lain yakni “merangsang harapan” untuk bekerja di sektor modern dan formal yang berdaya serap kecil. Struktur perekonomian kita ternyata masih lebih banyak membutuhkan unskilled labor daripada skilled labor.
(4) Dewasa ini dibutuhkan sejumlah besar tenaga kerja terdidik khususnya jurusan eksakta dan terapan di satu pihak, namun di pihak lain banyak lulusan PT khususnya jurusan non-eksakta tidak menda¬patkan kesempatan kerja. Semua itu menggambarkan struktur pendidikan kita kurang berorientasi pada lapangan kerja. Itulah sebabnya beberapa jurusan jenuh terpaksa ditutup (passing out).
(5) Khususnya di Indonesia, dunia pendidikan dihadapkan pada persoalan dilematis antara mengedepankan kualitas atau kuantitas lulusan pendidikan. Di satu sisi dibutuhkan banyak tenaga terdidik untuk memenuhi tuntu¬tan pembangunan, dan di sisi lain dibutuhkan tenaga-tenaga berkualitas guna mengantisipasi perkembangan era global yang sangat kompetitif.
(6) Fakta juga menunjukkan bahwa jiwa wiraswasta (enterpreunership) di kalangan lulusan PT kurang dimiliki karena pada umumnya mahasiswa mengharapkan berlangsungnya budaya tradisi yakni bekerja di sektor formal sebagai tenaga white – collar, karyawan berdasi yang dipandang lebih bergengsi atau prestisius (lihat Sumianto dkk., 1989).
Sejalan dengan hal itu, pengetahuan dan minat kewirausahaan di kalangan mahasiswa masih terbatas. Hal itu terjadi karena minimnya pengetahuan tentang ‘kewirausahaan’ yang diberikan oleh PT di bangku kuliah di samping kurangnya kegiatan kewirausahaan di kampus PT kita selama itu (meskipun di beberapa kampus terdapat kegiatan ekstrakutrikuler berupa Koperasi Mahasiswa “KOPMA”). Barangkali kondisi demikian juga tidak terlepas dari kebijakan pemerintah Republik Indonesia terutama Kemendiknas yang selama ini kurang menggalakkan minat dan budaya wira usaha di kalangan mahasiswa. Barangkali baru pada satu/ dua dekade terakhir pemerintah melalui Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendiknas menggalakkan budaya wira usaha melalui program-programnya antara lain Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan memberikan subsidi dana berupa hibah dana untuk modal usaha guna melatih dan mengembangkan jiwa kewirausahaan kepada para mahasiswa. Bahkan, beberapa PT yang maju telah memasukkan Kewirausahaan dalam kurikulumnya yang dijabarkan dalam mata kuliah.
Terlepas dari persoalan di atas, jika dicermati lebih jauh, ada hambatan kultural yang cukup mendasar. Dapat dicermati, meskipun mahasiswa mengetahui bahwa mencari peker¬jaan atau menjadi “pegawai negeri” atau “pegawai swasta” itu sulit, mayoritas dari mereka tetap mengharapkan dapat bekerja di sektor modern dan formal. Hal itu didasarkan pada alasan utama ‘status sosial’ atau prestise (dan jaminan hari tua) sementara alasan finansial dinomorduakan. Bahkan, untuk menembus kesulitan memperoleh pekerjaan formal itu mereka terkadang tak segan-segan menggunakan jalur "neraka" yakni kolusi, nepotisme, dan “jalan belakang” (sejak zaman Orde Baru hingga pascareformasi masih juga berlangsung jika tidak semakin menjadi-jadi).
Parahnya, kondisi itu sudah membudaya (mendarah daging) di kalangan masyarakat kita. Terlebih praktik KKN itu sudah mengakar karena dicontohkan oleh pimpinan pemerintahan hingga level yang paling rendah dalam birokrasi pemerintahan. Bahkan, kitu kondisi diperparah lagi oleh kalangan legislatif yang mengaku ‘wakil rakyat’ yang pada saat berkampanye menyuarakan anti-KKN, sok suci, dan memperjuangkan kepentinagan rakyat atau pejuang sosial.
Di luar faktor di atas, faktor yang juga cukup dominan adalah adanya hambatan sosio-kultural bahwa sejak awal ketika mereka akan menempuh studi/ kuliah di PT, kebanyakan mereka memiliki obsesi untuk menjadi "pegawai" terutama "pegawai negeri". Hal itu wajar mengingat menjadi wira swastawan/ pengusaha itu dalam pandangan masyarakat Indonesia yang belum maju --terlebih masyarakat Jawa tradisional-- yang masih memegang sisa-sisa feodalisme, belum dapat diakui/ dianggap oleh masyarakat menjadi "orang" (baca: dadi wong; kaum priyayi; kelompok elit). Terlebih bagi masyarakat pedesaan (yang masih kental pandangan feodalnya), menjadi "pegawai" meskipun bergaji kecil merupakan suatu berkah dan kehormatan luar biasa.
Berdasarkan realitas itu, maka sudah selayaknya jika dalam upaya mengantisipasi dinamika global yang kompetitif dan perubahan sosial ekonomi yang sedang berlangsung di Indonesia, PT perlu menggalakkan kegiatan-kegiatan yang berdimensi kewirausahaan baik kegiatan intrakurikuler (akademik/ perkuliahan) maupun kegiatan ekstrakurikuler (kemahasiswaan). Kegiatan kewirausahaan itu dapat menjadi wahana bagi para mahasiswa untuk berlatih berwirausaha dan mengembangkan jiwa wira usaha. Pada gilirannya, setelah menyelesaikan studinya, mereka dapat ‘menciptakan lapangan pekerjaan’ dan menjadi wira usaha yang sukses, bukan sekadar ‘mencari pekerjaan’. Selain itu, maha¬siswa dapat melatih dan memupuk jalinan koordinasi dengan instansi serta dan menciPTakan jaringan bisnis dengan berbagai pihak sekaligus membangun jaringan kemitraan secara sinergis dalam dunia usaha yang menguntungkan.
Apabila hal-hal tersebut di atas dilaksanakan, maka PT akan dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang baru. Selain itu, PT beserta seluruh sivitas akademikanya akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat sekitarnya yang tumbuh secara dinamis dan secara bersama-sama mengangkat masyarakat ke taraf kehidupan yang lebih makmur dan sejahtera.
Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh PT bersama pemerintah dalam upaya penanaman jiwa wira usaha dan pengembangan potensi kewirausahaan itu, antara lain:
Pertama, perguruan tinggi. Guna mewujudkan peran PT dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Tri Dharmanya itu, beberapa PT telah lama memprogramkan kegiatan kewirausahaan baik melalui program intrakurikuler (akademik) maupun kegiatan ekstrakurikuler antara lain terlihat pada Program Kreativitas Mahasiwa (PKM) yang disponsori oleh Ditjen Dikti Kemendiknas.
(1) Kegiatan Intrakurikuler
Pengembangan kewirausahaan melalui kegiatan intrakurikuler, misalnya dimasukkannya materi Manajemen Kewirausahaan sebagai mata kuliah pilihan atau mata kuliah muatan lokal (mulok). Bahkan, Manajemen Kewirausahaan dijadikan mata kuliah wajib di beberapa PT tertentu, di samping mata kuliah Bahasa Inggris, dan Komputer atau Teknologi Informasi (Information Technology) guna menyongsong dunia global yang kompetitif. Untuk menunjang program kewirausahaan itu, di beberapa PT telah dibentuk Klituk Konsultasi Bisnis (KKB).
(2) Kegiatan Ekstrakurikuler
Adapun kegiatan kewirausahaan melalui kegiatan eksrakurikuler¬ antara lain diaplikasikan dalam Koperasi Mahasiswa (KOPMA), pelatihan kewirausahaan mahasiswa secara terprogram, tersistem, dan berkesinambungan. Pelatihan tersebut ditindaklanjuti dengan studi lapangan ke perusahaan-perusahaan mitra dan praktik kerja lapangan.
Kedua, kebijakan pemerintah tentang kewirausahaan. Untuk mendukung program pengembangan jiwa kewirausahaan itu, secara khusus pada Juli 1995 telah dicanangkan Program Pengemban¬gan Jiwa Kewirausahaan oleh Presiden RI di dalam salah satu kerangka program pemerintah untuk mengembangkan SDM Indonesia. Bahkan, secara formal penggalakan jiwa kewirausahaan itu diwujudkan dalam sebuah Inpres No. 4 Tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan (GN-MMK). Juga, adanya Memorandum Bersama Kantor Menteri Negara Kepen¬dudukan/ BKKBN dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 27/HK-104/E6/96, No. 0314/U/1996 tentang Peran Serta Mahasiswa Indonesia dalam Program Pembangunan Keluarga Sejahtera dalam rangka Penanggulangan Kemiskinan melalui Program Kegiatan Maha¬siswa PT di Indonesia.
Ketiga, program-program Kewirausahaan. Sebagai realisasi upaya pertama dan kedua, secara eksplisit upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh PT dan pemberian peluang bagi mahasiswa dalam menanamkan jiwa dan memupuk bakat kewirausahaan itu dilaksanakan dalam bentuk Kuliah Kerja Usaha (KKU). Aplikasi KKU tersebut dilaksanakan bersama-sama melalui bentuk-bentuk Praktik Kerja Lapangan-Usaha (PKL-U), Kuliah Kerja Nyata-Usaha (KKN-U), Karya Alternatif Mahasiswa-Usaha (KAM-U), Pengabdian kepada Masyarakat-Usaha (PkM-U), dan Program Vucer-Usaha (PV-U) serta Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan dengan pemberian subsidi dana sebagai modal kerja.
Keempat, menciPTakan jaringan dengan departemen atau instansi lain. Guna mewujudkan program pengembangan kewiraushaan di kalangan mahasiswa, maka PT perlu menciPTakan jaringan dengan bekerja sama dengan berbagai instansi, departemen, dan dunia industri. Hal itu penting agar para mahasiswa yang telah menerima mata kuliah Kewirausahaan (intrakurikuler) ataupun mengikuti pelatihan kewirausahaan dalam organisasi kemahasiswaan (ekstrakurikuler) dapat melakukan studi lapangan, praktik kerja lapangan, dan magang di dunia industri/ usaha. Dengan demikian, mahasiswa benar-benar memiliki pengalaman konkret berwira usaha di samping wawasan kewirausahaan.
Salah satu tujuan khusus program KKU itu adalah melatih mahasiswa agar mampu mengelola program KWU yang berkesinambungan berdasarkan pemikiran komprehensif, analitis, dan proyektif melalui berbagai bentuk kegiatan mahasiswa yang mendukung usaha ekonomi produktif. Dengan KKU itu diharapkan mahasiswa memiliki jiwa, motivasi, dan kemampuan untuk terjun ke dunia usaha secara lebih profesional, prospektif, dan kompetitif, di samping dapat melakukan pember¬dayaan ekonomi masyarakat yang masih sangat memerlukan uluran tangan kalangan PT.

5. Penutup
Berdasarkan analisis di atas dapat dikemukakan banyaknya lulusan perguruan tinggi yang enggan menjadi pengusaha (bussines man) tidak terlepas dari minimnya upaya PT dalam memberikan bekal kepada mereka baik melalui perkuliahan dan pelatihan maupun fasilitas yang diperlukan. Selain itu, faktor yang dominan yang membuat lulusan PT kurang tertarik menjadi pengusaha adalah adanya hambatan sosiokultural dan psikologis bahwa pengusaha dipandang bukan profesi bergengsi. Belum dikatakan menjadi kaum “priyayai” jika seseorang belum menjadi pegawai negeri atau pegawai perusahaan besar.
PT memiliki peran besar dalam melahirkan tenaga-tenaga kerja terdidik dalam bidangnya ataupun lintas bidang dan tenaga yang memiliki wawasan dan jiwa kewirausahaan. Akan tetapi dalam realitanya, PT justru sering terjebak dalam memproduksi tenaga-tenaga penganggur terdidik karena adanya hambatan sosio-kultural yang hingga kitu masih cukup dominan di kalangan masyarakat kita.
Terlepas dari berbagai msalah dengan dunia industry, PT memiliki peran penting dalam pengembangan sumber daya insani. Adapun permasalahan mengenai PT kaitannya dengan pengembangan dunia usaha dan kewirausahaan yang hingga kini belum optimal, itulah tantangan yang harus dihadapi dan dipecahkan.
Akhirnya, perlu disampaikan bahwa uraian di atas baru merupakan kajian selintas. Karena itu, kajian itu masih memerlukan diskusi panjang dan pengkajian yang lebih mendalam. Termasuk untuk menjawab pertanyaan hipotetis: PT merupakan mesin produksi tenaga kerja terdidik profesional, atau sebaliknya mesin produksi penganggur terdidik?

Daftar Pustaka
Freire, Paulo. 1987. Pendidikan yang Membebaskan (Terj. Alois A. Nugroho).
Jakarta: Gramedia.

Kayam, Umar. 1989. "Kebudayaan Asing dan Pengembangan Kebudayaan".
Makalah Seminar bertema "Sastra dan Pengembangan Nasional", Senat
Mahasiswa FKSS IKIP Yogyakarta (UNY), 14 Oktober 1989.

Sumianto, Agus dkk. 1989. "PT dan Kesempatan Kerja: Tinjauan Sosial, Budaya,
dan Ketahanan Nasional". Makalah Seminar Nasional bertema “Tamatan
PT, Kesempatan Kerja dan Pendayagunaan Pembangunan", 24-25 Januari
1989 di PT Muhammadiyah Surakarta.

Todaro. 1987. Ekonomi Pembangunan untuk Negara-negara sedang Berkembang
(Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Vaizey, John. 1977. Pendidikan di Dunia Modern (Terjemahan). Jakarta: Gunung
Agung.
ooOoo
ABSTRAK

PT (PT) memiliki kedudukan strategis, prestisius, dan prospektif dalam menghasilkan sumber daya manusia unggul yang memiliki jiwa wira usaha. Tantangan yang dihadapi oleh PT antara lain bahwa menjadi wira usahawan kurang menarik bagi mayoritas lulusan PT karena orang Indonesia pada umumnya belum mengakuinya sebagai "pekerjaan" yang prestisius, bukan “priyayi”. Tuntutan kualitas PT tidak hanya selalu dihubungkan dengan tuntutan pasaran kerja sehingga PT dikuasai oleh mainstrem ekonomi untuk berperan sebagai “pabrik tenaga kerja”. PT sebagai agent of change dalam upaya meningkatkan harkat kemanusiaannya dapat berperan secara lebih aktif dalam mengembangkan jiwa dan potensi kewirausahaan bagi para mahasiswa. Eksistensi PT dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pengembangan jiwa kewirausahaan mahasiswa dapat terjadi jika PT memiliki komitmen dan berpartisipasi dalam kegiatan perekonomian. Untuk mengantisipasi dinamika global yang kompetitif dan perubahan sosial ekonomi, PT perlu menggalakkan kegiatan-kegiatan yang berdimensi kewirausahaan. Beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh PT bersama pemerintah yakni: (1) PT melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler; (2) kebijakan pemerintah melalui Program Pengemban¬gan Jiwa Kewirausahaan; (3) program-program Kewirausahaan melalui Kuliah Kerja Usaha (KKU) dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan dengan pemberian subsidi dana sebagai modal kerja; (4) menciPTakan jaringan secara sinergis dengan departemen/ instansi lain dan dunia usaha.

Kata Kunci: perguruan tinggi, dunia industri, pengembangan jiwa kewirausahaan.


BIODATA PENULIS

I
Ali Imron Al-Ma’ruf, lahir di Klaten, 30 Agustus 1957. Setelah lulus S1 di IKIP Yogyakarta (UNY, 1980), S2/ Magister Humaniora (M.Hum.) di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (1995), dia menyelesaikan studi S3/ Doktor di Universitas Sebelas Maret Surakarta (2009).
II
Dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta itu aktif dalam berbagai penelitian dan forum ilmiah. Selain menjadi Instruktur workshop penulisan artikel dan manajemen jurnal ilmiah serta penelitian bagi dosen PTS Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, juga instruktur dalam workshop penulisan karya ilmiah, workshop manajemen pers kampus dan latihan ketrampilan manajemen mahasiswa (LKMM), dia juga menjadi Yuri Debat Bahasa Indonesia Siswa SMK Tingkat Nasional tahun 2010 Ditjen Manajemen Dikdasmen Kemendiknas, narasumber acara ”Lembar Sastra dan Budaya” dan ”Obrolan Sahur” di RRI Surakarta, serta Dialog ”Islam dan Budaya” di Radio Mentari FM Surakarta.
III
Sebagai akademisi, ia sering menulis artikel yang tersebar di media massa a.l. Jurnal Berkala Penelitian Pascasarjana Universitas Gadjah Mada; Litera Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya (UNY), Kajian Linguistik dan Sastra PBS FKIP UMS (Terakreditasi), Humaniora LPPM UMS (Terakreditasi), Akademika LPPM UMS, Tajdida LPID UMS, Littera Buletin Sastra (Taman Budaya Jawa Tengah di Surakarta), Langkah Baru (PDM Surakarta), SKH Republika, Pelita, Tabloid Citra, SoloPos, dan lain-lain. Beberapa hasil publikasi/ bukunya a.l.: Ikhtisar Bahasa Indonesia untuk PT (FKIP UMS, 1985); Panduan Bahasa Indonesia di PT (FKIP UMS, 1988); Tim penulis buku Muhammadiyah dalam Kritik (Muhammadiyah University Press, 2000), Transformasi Budaya (Muhammadiyah University Press, 2003), Editor buku Bahagianya Berislam (Lembaga Studi Islam UMS, 2001); Dimensi Sosial Keagamaan dalam Sastra Indonesia Modern Perspektif Novel Keluarga Permana (Smart Media Surakarta, 2006; 2010); Metode Penulisan Karya Ilmiah (Pilar Media Yogyakarta, 2007); Stilistika Teori, Metode, Aplikasi dalam Pengkajian Estetika Bahasa (CakraBooks Surakarta, 2009); Kajian Stilistika Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Perspektif Kritik Holistik (UNS Press Surakarta, 2010), Bahasa dan Sastra Indonesia (Buku Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010), Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi (sedang dalam proses penerbitan).
IV
Di tempat kerjanya dia dipercaya menjadi Wakil Ketua Tim Redaksi Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra (Terakareditasi) 2003-2006/ 2006-2009; Anggota Penyunting 2009-2012, Ketua Dewan Redaksi Varidika FKIP UMS (1987-1991; Terakreditasi 2003); Dewan Redaksi Jurnal Ilmiah Akademika Lemlit UMS (1991-2001), Ketua I Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komda Surakarta dan Tim Redaksi Majalah Sastra Rethorica HISKI Komda Surakarta (1989-1991), serta Pembina Lembaga Pers Mahasiswa Pabelan UMS (2002-2005).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar